Minggu, Juni 04, 2017

Pengalaman dan Tujuan Menulis Blog

Tags


Anda yang mencari referensi untuk belajar menulis Blog, tujuan menulis Blog dan bagaimana cara agar dapat mengaplikasikan SEO sehingga memungkinkan Blog Anda bisa tampil utama di mesin pencari,..

Disini saya mencoba berbagi pengalaman dan tujuan menulis blog harapannya dapat membantu Anda mengetahui beberapa hal yang menurut saya cukup penting di ketahui dalam proses penulisan sebuah Blog.

Sama seperti Anda, saya juga masih seorang Blogger pemula, semua yang di muat di tulisan ini terkait pengetahuan Blog juga tidak sepenuhnya "luar kepala", saya juga sama masih mengandalkan bantuan dan referensi dari tulisan orang lain semata-mata untuk mempertegas dan meyakinkan apa yang akan disampaikan.

mengenal blog dan berbagi pengalaman dan tujuan menulis

kali ini saya mau sharing sedikit pengalaman selama membuat Blog dan hal-hal yang menurut saya menarik untuk dijadikan point penting sambil dalam masa tahap belajar.

Sebagaimana kita ketahui, Blog adalah salah satu wadah atau halaman di internet yang bisa kita miliki sehingga kita dapat mempublikasikan suatu tulisan, gambar, berita, lagu, aplikasi, dll. yang kemudian dapat di lihat oleh banyak orang melalui media Internet.

Tujuannya pun beragam, dan tulisan yang sudah di muat tersebut tentunya bertujuan agar orang lain bisa mendapatkan suatu informasi yang disampaikan, hal-hal lain yang mengiringi publikasi Blog itu juga menjadi suatu alasan tertentu bagi kebanyakan orang.

Semakin baik suatu tulisan, semakin bervariasi dan menarik, tentunya minat orang untuk membacanya pun akan semakin meningkat.

Tujuan menulis Blog

  • Mengerti tentang SEO
  • Bisa menjadi Blog yang populer dan terkenal
  • Mempresentasikan diri atau badan usaha
  • Bisa membantu orang lain dengan tulisan yang di posting
  • Berbagi pengalaman
  • Menambah Relasi dan Teman
  • Membangun kepercayaan
  • Menghasilkan uang, dan seterusnya.
Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya?
ya tentu dengan menulis dan publikasikan,..!!! tapi apakah itu cukup? Tidak… Jika hanya sekedar di publikasikan tanpa adanya follow up yang berkelanjutan misalnya mengoptimasikan SEO nya, publikasi ini akan mubajir karena tidak akan ada pengunjung yang melihat atau mengetahuinya dan yang tidak kalah penting tulisan yang di buat harus punya kelebihan tersendiri, punya ciri khas, punya sesuatu yang berbeda dari tulisan orang lain.

Baca Juga: Apa itu SEO?

Masih bingung mau menulis tentang Niche Blog jenis apa, tidak punya referensi, belum mengerti banyak seluk-beluknya serta beberapa kendala di awal yang terkadang membuat frustasi bahkan rasanya mau berhenti dan tidak melanjutkan menulis Blog, itu semua dirasakan.

Tetapi kalau mengingat kembali kenapa memutuskan mencoba belajar dan ikut terlibat di Blogging rasanya semua kendala tadi harus di kesampingkan harus dicari solusinya.

Baca Juga : Apa itu Niche Blog? dan bagaimana menentukan niche Blog yang tepat


Beberapa hal yang saya lakukan untuk membantu saya menulis antara lain:

1. Cari referensi dari Blog orang lain.

Melihat-lihat Blog orang lain yang sudah populer dan punya trafik pengunjung tinggi adalah salah satu cara mencari referensi dan inspirasi.

harapannya disitu bisa tahu dari hal-hal yang sederhana misalnya tata cara penulisan, salam pembuka hingga penutup, istilah-istilah yang dipakai kemudian apa yang menjadi referensi mereka, saya coba pahami dan belajar mempraktekan nya.

2. Struktur Penulisan

Hal ini juga memegang peranan sangat penting, apalagi untuk pengaturan Heading dan Subheading serta mengupayakan agar keyword yang diselipkan diantara sebuah kalimat diberi tanda penegasan.

Bold, Italic atau Underline, sehingga terlihat menonjol dari kalimat yang lain, tujuan ini adalah untuk memberi penekanan khusus bahwa kata atau kalimat tersebut terdapat pesan khusus yang ingin disampaikan.

Pada setiap paragraf yang di tulis juga sebisa mungkin memberi kesan penasaran para pembaca sehingga mereka ingin terus membaca,.. ada sebuah point utama menarik yang sedang menunggu untuk mereka dapatkan di akhir tulisan.

3. Ambil waktu khusus untuk memperbaiki tulisan

Menulis apa yang menurut saya menarik untuk dijadikan artikel, ketika suatu ide muncul dalam pikiran dan sebaiknya dicatat segera.

Luangkan waktu khusus untuk memperbaiki tulisan tadi sekali lagi sebelum mengelolanya ke dalam Blog dan mempublikasikannya.

4.  Judul yang menarik

Ambil waktu juga untuk memutuskan sebuah judul tulisan yang tepat. Saya percaya kekuatan sebuah judul juga memberikan efek yang besar terhadap ketertarikan orang agar membaca tulisan atau isi nya.

5. Variasi

Untuk mempercantik dan menambah daya tarik, berbagai variasi tulisan juga perlu dilakukan, misalnya dengan memberi gambar atau video yang sesuai dengan pembahasan agar lebih mendukung penekanan informasi yang disampaikan.

6. Permainan Paragraf pertama

Selain judul yang menarik, penekanan juga dilakukan pada paragraf pertama

Memasukan beberapa keyword di paragraf pertama, ini juga penting, harapannya agar mesin pencari akan menampilkan tulisan kita pada halaman awal hasil pencarian ketika seseorang mencari informasi disitu.

7. Ejaan yang benar

Kesalahan penulisan ejaan sudah tentu sering terjadi dalam dunia tulis menulis, dalam hal ini baik dari senior Blogger maupun pemula tidak lepas dari kesalahan ini.

Memperhatikan ejaan tulisan sebelum mempublikasikannya, karena menurut saya ini akan berpengaruh kepada daya tarik pembaca dan pesan yang ingin kita sampaikan kepada pembaca sehingga bisa di cerna dengan baik.

8. Basa-basi

Tidak semua orang senang membaca, apalagi membaca tulisan yang terlalu bertele-tele. Karena mereka hanya sekedar mencari informasi dan fokus untuk mendapatkan suatu informasi dan tidak terlepas kemungkinan beberapa tulisan akan di lewatkan atau sekedar dibaca sambil lalu saja.

ketika hal itu terjadi, pastinya tulisan kita akan mubajir atau tidak dibaca semuanya, karena mereka hanya berfokus kepada point informasi yang di cari.

Minta masukan dari orang sekitar untuk memberi masukan pada tulisan yang sudah saya buat, sehingga bisa di perbaiki lagi.

dari 8 point tahap pembelajaran diatas saya lakukan selama ini walaupun belum semuanya bisa  saya terapkan sepenuhnya harapanya bisa semakin baik kedepannya.

Mungkin itu saja dulu beberapa sharing pengalaman dan tujuan menulis blog dari saya, terlepas dari kesempurnaan dan kelengkapan informasi yang disampaikan, silahkan teman-teman tambah sendiri tentunya bukan hanya 8 cara diatas yang kalian bisa pakai, dan lewat tulisan ini bisa menambah referensi,..

Semoga bermanfaat, Salam.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon