Senin, Juli 17, 2017

8 Tips Aman Berbelanja Online

Kelebihan manusia jaman sekarang adalah, semua serba teknologi, hampir setiap orang sudah punya kemudahan akses internet kapan dan dimanapun dia mau, bahkan setiap orang sudah punya gadget yang hampir setiap hari selalu dibawa kemana pun.

Setelah kehadiran Internet jelas-jelas telah mengubah gaya hidup dari kebiasaan tradisional menjadi kebiasaan modern, tanpa perlu memakan banyak waktu untuk berbelanja, karena semua sudah tersedia secara online. hanya dengan duduk santai dirumah sudah bisa memesan barang yang dibutuhkan, atau dengan kata lain berbelanja online.

Tapi dibalik kenyamanan berbelanja tersebut selalu ada resiko, mungkin Anda sedikit khawatir dan harus cermat membelanjakan uang Anda, karena Anda tidak ingin tertipu dengan oknum-oknum nakal yang mengatasnamakan penjualan online dan ujung-ujungnya Anda hanya memberi uang cuma-cuma tanpa mendapatkan apa yang anda inginkan.

8 tips aman belanja online

berikut ini kami coba bagikan 8 Tips Aman Berbelanja Online yang sekiranya dapat menjadi referensi Anda sebelum memutuskan untuk berbelanja online.

1. Hati-Hati Jika Menggunakan Perangkat Mobile

Sebagian besar ponsel tidak dilengkapi dengan software anti-virus seperti yang Anda miliki di komputer Anda, sehingga lebih mudah bagi penjahat untuk mendapatkan malware pada perangkat mobile Anda yang dapat membantu mereka mencuri informasi yang Anda masukkan.

URL yang dipendekkan karena lebih phone-friendly juga dapat menipu karena Anda akan diarahkan untuk mengunjungi situs yang mungkin berisiko dan tidak diketahui apakah situs tersebut aman atau terpercaya. 
Beresiko juga terhadap pencurian data, jadi pastikan gadget Anda terproteksi password sehingga setiap informasi yang mungkin telah tersimpan di dalamnya tidak mudah diakses.

2. Percaya Insting

Sama seperti ketika Anda sedang enggan untuk pergi ke sebuah toko atau mall karena Anda tidak mengenali kualitas barang yang dijual dan pada akhirnya Anda harus repot mengurus mengembalikan barang yang sudah terlanjur dibeli lantaran kualitas tidak bagus, seperti itu juga sebaiknya insting yang Anda anut ketika belanja online.

Jika suatu proses belanja atau proses checkout Anda merasa janggal karena situs tersebut meminta informasi pribadi terlalu banyak, lebih baik Anda berhenti melanjutkan proses belanja di situs tersebut.

Jika situs terlihat memiliki alamat yang aneh, atau mengisi layar Anda dengan pop-up, lebih baik batalkan saja.

3. Jangan menggunakan Wi-Fi publik untuk berbelanja

Kebanyakan hotspot Wi-Fi tidak mengenkripsi data Anda, sehingga setiap hacker di lingkungan sekitar dimana Anda menggunakan layanan Wi-Fi gratis tersebut dapat mencuri data Anda jika ia memiliki perangkat lunak yang tepat.
8 tips aman belanja online

Hal ini berlaku juga untuk ponsel, karena Anda sering menggunakan Wi-Fi terdekat. Sadarilah ketika Anda menggunakan hotspot, setiap informasi yang Anda kirim melalui internet bisa dengan mudah "disambut" oleh orang asing, jadi lebih baik gunakan jaringan yang benar-benar terlindungi saja, barangkali bagi sebagian orang cara ini mungkin kurang nyaman alias memakan biaya, tapi itu jauh lebih aman.

4. Gunakan Nomor Kartu Kredit Virtual (VCC)

Kartu kredit virtual atau disingkat VCC - Virtual Credit Card, memungkinkan Anda untuk berbelanja online tanpa mengekspos nomor rekening Anda yang sesungguhnya. Beberapa bank menawarkan nomor semacam ini dimana keuntungannya adalah karena bersifat sementara.

Anda dapat meminimalkan penipuan online karena nomor tersebut akan berakhir relatif cepat dan memiliki jumlah pengeluaran maksimum yang lebih rendah dan nomor kartu kredit Anda yang sesungguhnya masih rahasia. Setidaknya, membatasi pengeluaran online Anda.

5. Ubah Password Secara Berkala

Memang terkadang kita enggan untuk selalu mengubah password akun yang sudah kita buat, apalagi dengan begitu terkadang kita bingung mengingat-ingat berbagai password yang baru lagi, tetapi saya rasa hal itu tidak sebanding jika kita harus kehilangan banyak hanya karena kita tidak mengganti password tadi dan akhirnya data kita dapat dengan mudah dicuri.
8 tips aman belanja online

"Ubahlah password Anda secara berkala, mungkin itu setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali"

Jika Anda memiliki banyak akun, pastikan semua password tersebut tidak sama dengan akun Anda yang lain.

6. Jangan Klik Link Di Email

Banyak penipuan phishing yang melibatkan email yang mana secara penampakannya seperti email resmi dari sebuah bank atau toko online dan atau sebuah nama perusahaan besar yang sudah terkenal, tetapi jika Anda sudah berinteraksi dengan email tersebut (klik link nya) Anda akan diarahkan ke situs palsu di mana mereka dapat mengumpulkan informasi Anda.

Jika Anda mendapatkan email dari sebuah situs di mana Anda berbelanja sebelumnya, pastikan Anda tidak klik link yang ada disitu dan tidak memberikan informasi keuangan atau pribadi. Sebuah situs terpercaya biasanya tidak akan meminta informasi penting melalui email. Jika Anda ragu lebih baik Anda kunjungi situs tempat dimana Anda berbelanja tadi, dapatkan contact person nya dan hubungi untuk mengkonfirmasi perihal email yang Anda terima tersebut.

Salah satu cara mudah mencurigai email penipuan adalah dengan memperhatikan kalimat yang digunakan, ketika kita mengisi sebuah form pada sebuah situs belanja online tentunya kita memasukan data pribadi, dari Nama, Alamat, Email, No. Telp. dan sebagainya, Email resmi dari sebuah perusahaan resmi biasanya berbunyi seperti ini:

Dear Emil F Welly,
Terima Kasih atas kepercayaan Anda karena sudah bla..bla..bla..
no telp : (no telp Anda yang sesungguhnya)
Email : (alamat email Anda yang sesungguhnya)
Password : (password Anda yang sesungguhnya)
dan seterusnya..

Bandingkan dengan Email yang berbunyi seperti ini :

Dear Pengunjung setia situs www.(blablablax).com,
Terima Kasih atas kepercayaan Anda bla..bla..bla..
untuk melengkapi registrasi Anda dan mendapatkan penawaran terbaik sepanjang tahun ini bla..bla..bla.. silahkan klik link dibawah ini..
(dilampirkan sebuah link yang mungkin belum Anda kenali)

Tanpa sadar ketika kita mengakses link tersebut dan memasukan data, disitulah kesempatan penipu mendapatkan data, bisa dibayangkan jika data yang dimasukan berupa password / pin dan nomor rekening Anda.

Kembali lagi,.. jika Anda curiga atau merasa kurang yakin lebih baik tinggalkan Email tersebut dan hubungi contact person situs dimana Anda meregistrasi data Anda sebelumnya untuk crosscheck kebenaran informasinya.


7. Periksa Kebijakan Privasi

8 tips aman belanja online
Membaca kebijakan privasi atau privacy policy adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang perusahaan tersebut lakukan terhadap informasi yang di submit oleh pengguna. Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan untuk mengabaikan informasi ini, dari sekarang lebih baik Anda periksa dulu.

8. Update Browser Anda

Dengan mengupdate browser internet Anda ke versi terbaru setidaknya bisa memberikan rasa aman. Biasanya browser lama di update ke versi terbaru karena browser tersebut sudah di ketahui kelemahan dan di bobol celah keamanannya, maka dari itu jika di sarankan untuk mendapatkan update terbaru lebih baik Anda update, hal ini berlaku juga untuk beberapa software atau aplikasi lain seperti sistem operasi dan perangkat lunak anti virus.

Demikian lah 8 tips aman berbelanja online yang dapat saya bagikan, kiranya bisa menjadi referensi Anda, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon