Sabtu, Juli 15, 2017

Penyebab Blog Terkena Deindex dan Solusinya

Tags

Bagi Anda yang baru mendengar istilah Deindex, terutama yang sebelumnya sudah memiliki sebuah situs atau blog, sangat penting untuk mengetahui apa itu Deindex, lalu apa penyebab sebuah blog terkena deindex dan apa solusinya agar tidak terjadi lagi.

Membaca paragraf pertama diatas sudah bisa kita pastikan bahwa deindex adalah sesuatu yang kurang baik bagi blog. Deindex adalah kondisi dimana blog Anda tidak muncul atau tidak dikenal atau tidak ter-indeks oleh Google, kenapa hal itu bisa terjadi? karena sengaja atau tidak sengaja Anda mungkin sudah melakukan kesalahan melalui beberapa aktifitas pada blog Anda sehingga berakibat blog yang tadi nya pernah muncul di halaman hasil pencarian Google tiba-tiba menghilang.

Lalu apa penyebabnya? apa yang dilihat sebagai suatu kesalahan oleh Google terhadap aktifitas yang sudah Anda lakukan tersebut? kita bahas disini :

penyebab blog terkena deindex dan solusinya

1. Backlink yang berlebihan
Backlink yang dilakukan dengan bantuan Bot atau Automatic SEO software terkadang dilakukan oleh beberapa blogger, namun cara ini kurang baik karena akibatnya dalam sehari bisa didapati ratusan bahkan ribuan backlink yang muncul, cara ini juga secara tidak langsung menghilangkan atau mengurangi kualitas daripada backlink tersebut. jadi lebih baik lakukan backlink tidak berlebihan dan lakukanlah dengan cara manual.

2. Backlink berasal dari sumber yang tidak dipercaya
Situs-situs berkonten po*nografi, jud*, bajakan, via*ra merupakan situs yang ditolak dan masuk blacklist Google, jadi sebaiknya Anda hindari membuat backlink dari situs-situs yang seperti itu.

Baca Juga : Mengenal apa itu Backlink

3. Artikel kopian
Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan tentunya Anda juga harus mengandalkan bantuan dari orang lain, dalam hal ini menulis artikel yang Anda buat.

Mendapatkan referensi dari blog lain yang kebetulan memiliki niche yang sama tidak ada salahnya Anda lakukan guna membantu mendapatkan ide, mengembangkan, dan menyelesaikan tulisan Anda.

namun sebaiknya janganlah meniru alias copy paste artikel referensi dari blog orang lain tersebut secara lengkap ke blog Anda, hargailah tulisan orang lain dan buatlah tulisan dengan gaya Anda sendiri, berbanggalah dengan karya yang sudah Anda buat. Itu akan menjadi kualitas tersendiri bagi artikel Anda.

Solusi

Lalu bagaimana solusi yang dapat dilakukan jika Deindex sudah terjadi?


  • Jika Anda sudah pernah memakai software SEO atau plugin pendukung SEO, sebaiknya untuk sementara Anda hapus dulu, karena Google akan tetap bisa membaca keberadaan nya dan menjadikan blog Anda tidak ter-indeks.
  • Perbaiki navigasi situs Anda, gunanya agar memudahkan pengunjung menemukan menu yang tersedia pada blog Anda, biasanya menu-menu yang perlu diperbaiki seperti Privacy policy, contact, about us, dan disclaimer.
  • Sebaiknya hentikan sementara aktifitas backlink Anda selama beberapa waktu, misalnya 1 sampai 3 bulan kedepan, pada masa ini kesempatan bagi Anda untuk bisa menulis beberapa artikel baru tanpa copy paste dan mengutamakan kualitas konten.
  • Ubah beberapa profil registrasi domain Anda.
  • Sesekali cobalah login ke Google Webmaster Tools untuk mengecek apakah situs masih terkena deindex atau tidak dan jangan lupa untuk lakukan verifikasi situs atau blog Anda disitu, Anda juga bisa mengirimkan email dan memberikan alasan mengapa situs Anda perlu agar kembali normal.
  • Sebarkan artikel baru Anda melalui Google plus.
Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai penyebab blog terkena deindex dan solusinya.

Semoga Bermanfaat.


    Artikel Terkait

    Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

    -Sharing is Fun-


    EmoticonEmoticon