Jumat, Februari 02, 2018

Cara Kerja Google

Bayangkan, dalam setiap detik begitu banyaknya hingga jutaan pengguna internet menggunakan mesin pencari dan menuliskan beberapa kata kunci lalu dengan seketika secara otomatis Google memberikan banyak pilihan jawaban yang relevan dengan kata kunci tadi, cara Google bekerja dalam menemukan hasil pencarian nya bisa dibilang sangat canggih sehingga mampu melayani jutaan pengguna dalam waktu singkat secara bersamaan.

Dengan segala macam algoritma system penelusuran yang dimiliki, Google terbukti mampu membantu kita memberikan informasi yang ada di intenet dan dari seluruh belahan dunia hanya dengan satu kali tekan Enter.

Keberadaan Google memang sangat membantu apalagi saat sekarang ini sangat jarang sekali kita tidak menemukan apa yang kita cari disitu, rasanya hampir setiap hal yang kita cari bisa di tampilkan oleh Google.

Namun Google tetaplah hanya sebuah mesin pencari, yang bekerja sesuai urutan perintah dan algoritma yang di ketahuinya, semuanya tergantung kita pengguna mesin pencari ini bagaimana memahami kata kunci yang kita masukan dapat di terima baik dan diinformasikan se-relevan mungkin dengan kebutuhan informasi yang kita inginkan.
memahami cara google si mesin pencari bekerja

Manfaat Google si Mesin Pencari :


  • Hampir 90% pengguna internet selalu menggunakan mesin pencari dalam menggali berbagai informasi. Untuk saat ini Google masih merajai dalam kategori mesin pencari populer dan paling banyak digunakan.
  • Paling mudah digunakan dibanding cara lain dalam mencari informasi, baik berupa artikel, gambar, video, audio dan yang lainnya.
  • Sangat mendukung dalam hal ajang promosi sehingga jangkauan bagi konsumen lebih luas dan tak terbatas.
  • Dapat berinovasi untuk menjadi posisi teratas dalam search engine, hal ini sangat erat hubungannya dengan istilah SEO bagi para blogger dan pebisnis online.
  • Biaya mengakses relatif lebih murah dibanding mencari sumber informasi dengan cara lain.

Google dalam melakukan pekerjaanya mempunyai perangkat komputer super canggih untuk menjalankan robot-robot atau spider dalam merayapi dan mengambil data pada miliaran laman web yang ada saat ini, dengan kata lain dengan bantuan robot-robot inilah cara kerja Google mendapatkan informasi yang dicari dan bisa bekerja dengan baik.

Secara umum ada 3 hal yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google..

Crawling dan Indexing

Crawling atau perayapan (merayap) yang dilakukan oleh sebuah program yang dimiliki Google dikenal sebagai Googlebot (banyak juga yang menyebut Robot, Bot atau Spider) yang bertugas untuk melacak dan menemukan link yang ada di setiap halaman situs di internet yang ditemuinya dan menentukan spider harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal.

Crawler selalu mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.

Namun Googlebot juga bisa dibatasi perayapannya oleh pemilik situs, misalnya pada situs miliknya ada beberapa halaman yang rahasia yang tidak semestinya muncul di hasil pencarian, sehingga publik tidak bisa mengaksesnya.

Baca juga : Apa itu Robot.txt

Algoritma

Dalam istilah mesin pencari, algoritma mempunyai arti sebuah prosedur atau langkah demi langkah penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Googlebot atau spider menggunakan proses algoritmik yaitu sebuah program komputer yang menentukan mana situs yang harus ditelusuri (crawling), seberapa sering, dan sebanyak apa halaman yang diambil dari sebuah situs.

Baca Juga : Mengapa perlu memperbarui blog dengan konten terbaru

Fighting Spam

Setelah Googlebot melakukan tugasnya dari mulai indexing dan crawling lalu menghitung berapa banyak situs yang musti dirayapi, seberapa sering spider tersebut merayap maka langkah selanjutnya adalah fighting Spam yang berarti berperang melawan spam atau pesan sampah.

Inilah hebatnya cara kerja mesin pencari dalam hal ini Google. Bisa menghadirkan beberapa slide yang mengungkapkan bagaimana sistem mampu melawan situs berisikan spam atau pesan sampah.

Dengan kecanggihan mesin ini Google mampu memilah-milah konten mana yang bermanfaat dan konten mana yang hanya berisi spam. Bahkan mesin ini dapat sekaligus menghapus konten yang telah dianggap spam tadi.

Ketika tiga hal diatas dijalankan dalam mesin pencari maka hasil pencarian yang kita tuliskan sebagai kata kunci (keyword) sesuai urutan yang sudah di tentukan oleh mesin pencari, seperti itulah singkat nya tentang cara kerja google.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon