Sabtu, Juli 01, 2017

Menentukan Niche Blog yang tepat

Tags

Punya Blog dan tulis artikel di Blog itu mudah, tapi menentukan niche nya dengan tepat itu yang susah, kira-kira begitu kata sebagian orang yang berencana memiliki sebuah Blog namun masih bingung bagaimana menentukan niche Blog nya.

Disini ada 3 kunci utama agar dapat membantu memilih dan menentukan Niche Blog yang tepat yang menurut saya penting untuk kita ketahui.

Pilihan mana yang paling Anda pilih saat ini? jika orientasinya membangun sebuah blog agar bisa menghasilkan uang, ada yang berpendapat satu niche yang terfokus akan lebih besar kemungkinannya bisa berhasil daripada yang menggunakan banyak niche atau sering disebut niche gado-gado, ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Saya ingin mengajak Anda mundur sedikit kebelakang, jangan dulu memikirkan apakah nanti blog saya bisa menghasilkan uang atau tidak nya, sah-sah saja mentargetkan tujuan membangun blog berpenghasilan, namun perlu kita ketahui bahwa keberhasilan suatu blog tidak serta-merta instan dan tujuan blog juga tidak melulu agar bisa menghasilkan uang.

menentukan dan memilih niche blog yang tepat dan sesuai

Anda membangun hari ini, kemudian besok-besok mendaftarkan diri untuk terlibat bisnis iklan dan affiliasi atau membangun toko online, apakah bisa dalam semalam, seminggu, sebulan, 2 bulan, 6 bulan, setahun kedepan lantas menghasilkan uang? atau apakah dalam waktu dekat profil profesionalisme dan perusahaan Anda bisa langsung di ketahui orang lain? hobby, karya tulis cerpen, puisi, khotbah, resep masakan tradisional andalan Anda langsung dilirik orang? semua tergantung dari follow up yang sudah Anda lakukan.

Pada artikel Perbedaan Blog dan Webiste yang mengatakan salah satu cara dan ciri blog adalah update yang berkesinambungan karena dengan begitu diharapkan blog bisa terus tampil dan selalu ramai pengunjung.

Saya tidak menyarankan Anda untuk memilih niche yang terfokus atau gado-gado, semua pilihan ada di tangan Anda, saya hanya memberikan gambaran saja, semoga penjelasan pada artikel ini bisa sedikit membantu Anda.

Lantas bagaimana menentukan Niche Blog saya?

kalau sudah punya konsep Niche, artinya sudah mengetahui arah Blog akan dibawa kemana, tetapi tanpa konsep Niche yang jelas akan sulit untuk menentukan Artikel yang tepat dan tahap demi tahap pengembangan tulisannya nanti.

Memilih Niche yang kurang tepat pun menjadi salah satu faktor awet tidaknya suatu Blog, karena lambat laun si penulis akan kehilangan arah dan panduan menulis artikelnya.

Sebelum terlalu jauh membahas, kita pahami dulu "Apa itu Niche"

Sederhananya, jika mau di ambil perumpamaan, seperti di dunia musik, kita kenal kata Genre atau Genre Musik, ada yang Rock, Dangdut, Pop, Keroncong, Jazz atau Neoclasical dan seterusnya..
kira-kira seperti itulah Niche, Aliran atau Topik Blog.


Seorang musisi tentu pandai memainkan alat musik, dan setiap musisi punya kemampuan tersendiri di bidang nya, banyak gitaris yang pandai memainkan lagu Rock, tapi tidak semua suka jenis musik Rock, bisa saja gitaris tersebut sebenarnya lebih menjiwai memainkan aliran musik Jazz.
sampai sini kira-kira sudah dapat gambaran ya?


Baca Juga : 4 kesalahan dalam mendesain blog


1. Gairah


Anda perlu memiliki hasrat untuk apa yang Anda lakukan. Jika Anda memulai sebuah blog hanya karena sepertinya ada peluang pasar, Anda akan gagal. Setelah beberapa waktu, pendapatan mungkin tidak memotivasi Anda. Tapi jika Anda memiliki hasrat yang mendalam akan topik yang Anda hadapi, Anda akan terus melakukannya bahkan jika kemungkinannya bertentangan dengan Anda.

Jadi ketika Anda memulai sebuah blog, untuk menentukan niche blog yang tepat, Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apakah Anda bersemangat dengan topik ini? Apakah Anda membaca tentang topik ini dan mengikuti info update nya secara teratur, jika ya, maka Anda telah melewati sekian persen tahap penetuan. tetapi memiliki gairah atau hasrat saja sudah cukup? saya rasa belum.

2. Pasar


Jika Anda ingin berbisnis dan menghasilkan keuntungan, Anda harus membuat sesuatu yang diinginkan orang, Setiap produk atau layanan, tidak peduli seberapa besar gairah Anda kesana, tidak akan menjual jika tidak ada permintaan pasar.

Katakanlah Anda bersemangat membuat pizza rasa durian, tapi tidak ada yang peduli dengan improvement pizza. Maka hal tersebut bisa dibilang membuang waktu Anda saja.

Bagaimana Anda mengetahui permintaan di pasar? menurut saya tidak ada cara yang tepat untuk melakukannya. Cara satu-satunya ialah lakukan beberapa penelitian yang cukup terhadap informasi di sekitar Anda sebagai referensi.

Banyak sumber yang bisa digunakan, misalnya dengan memperhatikan Niche yang sedang ramai dibahas pada media sosial yang Anda ikuti sekarang.

Kemudian riset kata kunci secara online juga bisa menjadi referensi tambahan untuk mengetahui nya.

Jadi selain memiliki gairah terhadap suatu konsep niche, ada baiknya juga Anda bandingkan dengan permintaan pasar atau kemungkinan permintaan pasar akan terjadi jika di sertai dengan beberapa trik iklan yang sudah Anda rencanakan.

3. Bakat


Bakat disini menurut saya ada 2 hal, yang pertama bakat yang berkaitan dengan skill tertentu Anda (sesuai niche blog), yang kedua bakat menulis, bakat berkreasi dalam hal penyampaian informasi kepada audience.

Baca Juga : 4 kesalahan dalam mendesain blog

Katakanlah Anda berbakat dalam dunia otomotif, dan kebetulan permintaan pasar tentang otomotif juga ramai, bisa saya pastikan Anda akan memilih niche otomotif dalam blog Anda, Anda akan mulai berkonsep tentang tulisan yang akan Anda buat, Anda akan menggali informasi seputar otomotif terbaru mana tau ada beberapa update yang belum Anda ketahui, Anda akan menggali informasi siapa-siapa saja yang akan menjadi pesaing Anda.

Namun karena keterbatasan sesuatu dan lain hal, Anda tidak bisa menulis dengan baik mengenai dunia otomotif tersebut dan tidak bisa menyediakan hal-hal pendukung untuk memperkaya penyampaian Anda, sehingga penyampaian Anda terkesan terbatas atau kurang jika dibandingkan dengan pesaing Anda, pada akhirnya kesulitan untuk menetukan niche blog yang tepat, maka tidak mungkin Anda bisa melangkah maju.


Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-

2 komentar

Info yg bermanfaat untuk yg awam macam diriku... ��

Semoga setelah ini sudah gak awam lagi RIES KAA


EmoticonEmoticon