Jumat, Mei 19, 2017

Panduan Meta Tag

Tags


Menyambung pembahasan tentang apa itu SEO dan beberapa hal mendasar didalamnya seperti Keyword dan relevansinya terhadap konten artikel, semoga artikel Panduan Meta Tag ini bisa sedikit memberikan pencerahan pada Anda yang ingin mendalaminya.

Berdasarkan info dari Wikipedia Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web yang diletakkan pada bagian 'head' dalam HTML.

Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.

panduan meta tag

Simplenya boleh saya bilang Meta ini adalah bahasa program yang dipakai di internet (HTML) untuk memperkenalkan nama, status, jati diri, akte kelahiran hehe sebuah halaman Website atau Blog agar bisa dipanggil.

3 elemen dibawah ini yang paling penting dan default digunakan:

<title>Judul Blog</title>
<meta content=’Penjelasan tentang Blog Anda’ name=’description’/>
<meta content=’keyword Blog Anda’ name=’keywords’/>

Meta Tag Title

Meta tag Title ini berfungsi untuk memberikan informasi title atau judul sebuah Blog. seperti, "Apa itu SEO".

contoh:

<title>Apa itu SEO</title>

Meta Tag Description

Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum isi dari halaman blog Anda. Jumlahnya sebaiknya tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan.


Contoh:

<meta content=’menguasai teknik SEO, optimalkan dengan panduan meta tag, cara optimasi Blog terbaru tahun 2017’ name=’description’/>

Meta Tag Keyword

Meta tag keyword sangat penting untuk dioptimalkan, sekali lagi tujuannya supaya blog anda bisa dicari melalui search engine.

Seperti sedikit contoh di halaman Apa itu SEO, kita simak lagi contoh dibawah.

<meta name="keywords" content="keyword 1, keyword 2, keyword 3,... "/>

atau

<meta name="keywords" content="keyword 1 keyword 2 keyword 3... "/>


kalau dilihat, contoh pertama dan kedua sedikit berbeda, contoh yang pertama menggunakan tanda koma.

Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca.

Penting untuk diperhatikan jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming oleh Search Engine.

Seperti contoh dibawah, kata belajar diulang lebih dari 3 kali.

<meta name="keywords" content="belajar membuat blog, belajar SEO, belajar Blog otodidak, cara belajar blog cepat "/>

Semoga bisa dipahami..


begitu kurang lebih informasi dan Panduan Meta Tag yang lebih menekankan pada 3 elemen meta yang sangat penting diketahui. Kembali lagi, mengulang dari artikel Apa itu SEO, agar tidak menuliskan informasi keyword yang tidak sesuai dengan artikel yang Anda tulis jika tidak ingin di anggap Spam oleh Search Engine.


Salam, Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon