Kamis, Juli 13, 2017

Pemahaman Dasar SEO

Tags

Pemahaman Dasar SEO - Ketika seorang pengunjung menggunakan mesin pencari, mengetikkan kata kunci dan kemudian menemukan sebuah situs, pertanyaannya adalah apakah yang ditampilkan oleh mesin pencari tersebut sudah sesuai dengan keinginan? Apakah mereka cukup puas dengan hasil yang di temukan? apakah ketika mereka membaca artikel nya sudah sesuai dengan kebutuhan?

Anda harus memahami dasar-dasar SEO untuk bisa menjawabnya..

Tanggung jawab utama mesin pencari adalah untuk memberikan hasil yang relevan dengan keinginan penggunanya. Pemahaman dasar SEO yang baik juga harus diketahui oleh pemilik Blog untuk dapat membuat artikel miliknya bisa hadir dengan hasil yang sesuai dengan yang dibaca mesin pencari dan yang pengguna inginkan

Seorang publisher online seharusnya mendalami cara kerja Google dalam menjalankan tugasnya, tanyakan pada diri sendiri apa yang "target pengunjung" cari dan pastikan situs yang sudah dibuat dapat memberikan informasinya.

Aspek penting dari SEO alias (search engine optimization) adalah membuat situs atau Blog Anda menjadi mudah bagi pengunjung serta robot mesin pencari untuk mengerti dan menterjemahkannya.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, algoritma Google sebagai mesin pencari sudah semakin canggih tetapi walaupun demikian mesin pencari tetap tidak dapat melihat dan memahami halaman sebuah situs dengan cara yang sama seperti yang manusia pahami.

Nah disinilah diharapkan SEO mampu membantu mesin pencari untuk tahu tentang maksud setiap halaman, dan manfaatnya bagi pembaca.

Misalnya seperti ketika seseorang meng'upload foto binatang peliharaannya secara online, Oleh kita manusia tentunya bisa langsung melihat dan menggambarkannya di otak kita bahwa itu adalah foto binatang peliharaan milik si A, tapi dari sisi pembacaan mesin pencari akan sulit untuk memahami nya, salah satu caranya mungkin dengan mencari referensi dari berbagai foto yang pernah ada dan yang paling mendekati.

Disini tugas Anda untuk membantu mesin pencari memahami foto tersebut.

pemahaman dasar SEO, mengerti apa itu SEO

SEO memungkinkan para webmaster menyediakan petunjuk yang bisa digunakan mesin pencari untuk memahami konten yang ada.. Jika Anda memberikan informasi detail dan menambahkan struktur yang tepat pada konten Anda, tentunya hal itu sangat penting untuk menunjang keberhasilan optimasi nya.

Memahami kemampuan dan keterbatasan mesin pencari memungkinkan Anda untuk membuat, memformat, dan memberikan konten dengan benar sehingga mesin pencari dapat mencernanya dengan baik. Tanpa SEO, sebuah situs bisa jadi tidak terlihat oleh mesin pencari.

Keterbatasan Teknologi Mesin Pencari

Para mesin pencari tentunya semuanya beroperasi dengan prinsip yang sama, seperti yang dijelaskan pada artikel apa itu Robots.txt memungkinkan pencarian otomatis dengan merayapi situs atau blog Anda, mengikuti tautan yang ada, mengindeks, sampai kepada menampilkannya pada hasil pencarian. Semua itu dilakukan dengan kemampuan kecerdasan yang sangat istimewa, namun dengan segala kecanggihannya tersebut, yang namanya buatan manusia masih ada banyak keterbatasan yang dimiliki, berikut beberapa contohnya:

Masalah Crawling dan Indexing (merayapi dan mengindeks)

Halaman duplikat: Situs web yang menggunakan CMS (Content Management System) sering membuat versi duplikat dari halaman yang sama, mesin pencari masih sulit untuk menentukan mana konten yang benar-benar asli.

Diblokir dengan kode: Mesin pencari masih bisa di blokir dengan kode yang kita tulis pada file robots.txt

Struktur tautan (link): Tergantung dari bagaimana cara kita menuliskan suatu link, jika struktur link situs atau blog Anda tidak dapat dimengerti oleh mesin pencari, bisa jadi semua kontennya tidak di jangkau dengan baik.

Konten Non-Teks: Meskipun mesin pencari semakin baik membaca teks non-HTML, konten berbentuk teks dalam format media masih sulit dilakukan oleh mesin pencari, misalnya dalam file Flash, gambar, foto, video, audio, dan konten plug-in.

Pencocokan atau Relevansi Kata Kunci Pencarian dengan Konten

Istilah tidak biasa: Teks yang tidak ditulis dengan istilah umum yang digunakan orang ketika mencari informasi. Misalnya, "mesin pendingin" dimana orang-orang pada umumnya mencari dengan kata "kulkas".

Seluk-beluk bahasa: Misalnya, "pembaharuan" dan "pembaruan". saran saya kalau ragu, untuk mudahnya lebih baik cek yang paling dicari orang dan gunakan kata tersebut.

Penargetan lokasi yang tidak sesuai: Menargetkan konten dalam bahasa negara lain atau daerah lain padahal sebagian besar orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan bahasa Indonesia.

Konteks campuran: Misalnya, judul posting blog Anda adalah "tarian daerah kalimantan" tapi artikel tersebut memuat tentang berlibur dan menjelajah hutan kalimantan yang kebetulan menyajikan beberapa tarian daerah dalam menyambut pengunjung pada suatu hari besar. Pesan campuran ini mengirimkan informasi yang membingungkan kepada mesin pencari.

Pastikan Konten Anda Mudah Terlihat

Mengerti teknis dan cara kerja Google adalah sangat penting bagi seorang publisher online, apalagi mesin pencari juga tidak memiliki rumus yang pasti untuk mengukur kualitas konten Anda.

Sekali lagi, mengapa SEO sangat penting? disinilah teknologi pencarian bergantung pada relevansi yang diketahui nya, mengukurnya dengan melacak aktifitas apa yang sering dilakukan terhadap situs maupun artikel Anda, baik itu dari apa yang ditemukan, reaksi-reaksi yang terjadi dari pengunjung, komentar, link yang disebarkan, dan lain-lain.

Membangun sebuah situs yang baik dan konten yang berkualitas juga akan lebih baik jika konten tersebut bisa dibagikan (cth: Google+ atau melalui media sosial) bahkan lebih baik lagi jika dibahas pada suatu forum online.

Sampai disini dulu artikel tentang pemahaman dasar SEO yang disampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-

2 komentar

terkadang situs pencaritidaksesuai dengan keinginan kita berkat adasaya lebih paham dasar dasar SEO

benar sekali, semoga sedikit tulisan diatas bisa bermanfaat dan menjadi tambahan referensinya.


EmoticonEmoticon