Selasa, Juni 20, 2017

SEO On Page Lanjutan - Pertama

Tags

Menyambung pembahasan dari artikel Memahami dan Belajar SEO On Page yang sudah kita baca sebelumnya, untuk mempertegas pemahaman optimasi SEO yang satu ini kita coba ikuti pembahasan selanjutnya tentang beberapa hal yang terkadang masih terlewatkan oleh beberapa blogger dan tanpa sadar telah mengakibatkan kurangnya peringkat halaman situs miliknya.

Ketahuilah bahwa sangat jarang sekali seorang pengunjung halaman situs akan membaca seluruh tulisan yang sudah Anda muat dalam artikel karena kecendrungan pengunjung hanya mencari informasi utamanya saja, mereka akan membaca dengan cepat dan hanya melihat sambil lalu sampai dengan mereka menemukan informasi yang dirasa dapat mewakili hal yang mereka cari.

Penggunaan tag H1, H2, H3 dan seterusnya,.. dengan baik akan membuat artikel Anda terlihat rapi dan informatif.

memahami SEO On Page lanjutan

Pada aplikasi blogspot tag H1 sudah default begitu Anda menuliskan judul artikel, tinggal Anda ikuti dengan memberikan penekanan sekali lagi dengan tag heading atau H2 pada blogspot. penekanan pada subheading H3 akan membantu pengguna atau pengunjung dalam menavigasi dan mengerti kerangka artikel Anda ke seluruh halaman, seperti layaknya Anda menulis sebuah cerita atau skripsi pada Ms. Word, Anda tentu akan memisahkan antara judul utama dan sub judul tulisan tersebut bukan? seperti itu juga sebaiknya Anda menuliskan artikel Anda pada blog untuk menyikapi perilaku pengunjung walaupun hanya melihat cepat namun masih tetap dapat mengerti arah artikel Anda karena memiliki kerangka tulisan yang baik.

Tag Heading memang sangat diperlukan karena mempunyai bobot penilaian yang lebih banyak dibanding tag-tag pada paragraf lainnya atau yang diberi penekanan seperti cetak tebal, namun karena hal itu banyak juga para blogger yang akhirnya tulisannya seperti terkesan memaksakan adanya penekanan keyword sehingga kalimat yang di tulis sedikit agak ganjil.

URL

URL atau Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter mengacu pada format standar tertentu yang sudah di tentukan, digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file, gambar dan video yang terdapat di internet.

Pada blogspot biasanya judul artikel (H1) secara default menjadi URL halaman artikel tersebut, namun masih bisa di edit sesuai keinginan penulisnya. Ketika harus mengedit URL, harus dipastikan URL tersebut singkat, ringkas, dan mudah dibaca.

Bagaimana idealnya suatu URL yang baik?

Saya tidak mengatakan URL yang panjang berarti tidak baik tetapi URL yang lebih pendek atau tidak banyak menelusuri folder kecendrungannya untuk dipahami baik itu oleh mesin pencari ataupun pengunjung situs jauh lebih mudah ketimbang URL yang panjang, Internet menghitung setiap domain utama sebagai satu folder, dan setiap backslash dibelakang domain utama dihitung lagi sebagai folder selanjutnya.


Contoh :

http://www.domain.com (satu folder)
http://www.domain.com/penjualan (dua folder)
http://www.domain.com/penjualan/barang-antik (tiga folder)


Memang tidak sedikit juga para blogger yang mengabaikan faktor URL ini termasuk saya, hanya mengikuti default yang sudah dibuat oleh blogspot, hal itu di lakukan supaya tidak perlu repot-repot lagi mengedit URL yang ada ketika misalnya saya ingin merombak tampilan blog.

Namun bagi Anda yang ingin mengoptimalkan maksimal SEO Anda ada baik nya mulailah edit URL Anda dari sekarang sebelum artikel Anda sudah terlanjur banyak dan mudah di manage dan jangan lupa gunakan keyword utama pada URL tersebut.

User Friendly  (Kenyamanan Pengguna)


Internet penuh dengan artikel, sehingga penting bagi Anda untuk memastikan bahwa tulisan Anda menarik dan unik dan mampu bersaing dengan artikel-artikel lainnya, sebisa mungkin disampaikan dengan jelas dan berkaitan untuk menjelaskan informasi yang disampaikan masih sesuai dengan topik atau niche yang dibahas.

Baca Juga: apa itu Niche Blog?

Kembali lagi,.. tidak sedikit dari para blogger karena ingin terus menjaga optimasi SEO nya sehingga memaksakan keyword pada sebuah kalimat yang pada akhirnya berujung kalimat yang sedikit janggal dibaca.

Saya tidak perlu memberitahu Anda mendetail mengenai ini, saya rasa Anda sudah paham bagaimana caranya menulis yang baik dan mengatur kalimat-kalimat sedemikian rupa agar bisa memasukan keyword diantara tulisan Anda.

Intinya adalah buatlah konten artikel seperti layaknya sedang berbicara kepada audience dan menyampaikan informasi dengan jelas, dan jangan lupa juga perhatikan setiap ejaan penulisan serta tata bahasa yang digunakan.

Hati-hati Terhadap Algoritma Google

Di Google ada yang dikenal dengan Algoritma Panda, algoritma ini diciptakan untuk membantu memilah-milah situs yang bisa dikatakan berlaku curang dalam hal mencapai peringkat tingginya, baik itu dengan konten yang mengandung spam, kesalahan praktek penggunaan keyword, dan juga konten artikel yang sedikit, dalam artian jika situs Anda memiliki artikel yang (maaf) tidak berkualitas menurut ukuran Google, maka bisa dipastikan itu juga menjadi penyebab situs Anda tidak dapat di temukan secara online.

Mengutip dari situs milik seorang penulis diluar bernama Jennifer Slegg yang menulis "panduan informatif dan definitif untuk memahami algoritma Panda" pada situs miliknya, dimana disitu dia juga mengutip perkataan dari seorang juru bicara Google yang mengatakan, "suatu hari nanti, pemilik konten tidak boleh menanyakan berapa banyak pengunjung yang sudah berkunjung ke situs miliknya, melainkan berapa banyak pengunjung yang sudah dia bantu." Artinya konten yang dibuat semestinya memiliki bobot kualitas yang baik dan bermanfaat bagi pembacanya.

Saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan untuk SEO On Page Lanjutan pertama ini, silahkan Anda praktekan kembali pada artikel Anda yang mungkin perlu beberapa pembenahan, semoga apa yang disampaikan kali ini masih tetap membawa manfaat bagi Anda.


Lebih lanjut tentang SEO On Page Lanjutan - Kedua.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon