Jumat, Juli 14, 2017

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk

Dilihat dari judul tulisan diatas yaitu tentang bagaimana cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk, disini saya akan coba sampaikan trik khususnya supaya data yang tadi hilang bisa di kembalikan lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda, karena tentunya data yang kita simpan kedalam flashdisk atau media penyimpanan lainya adalah data yang menurut kita penting, dan jika kehilangan data tersebut tentu bukan suatu hal yang kita inginkan.

Syukur-syukur kalau data tersebut adalah milik kita sendiri, bagaimana kalau data milik orang lain yang flashdisknya kita pinjam, wah pasti ceritanya lebih runyam lagi.

Data bisa hilang dari flashdisk biasanya karena virus, tidak sengaja di delete atau salah dalam pengoperasian penggunaan flashdisk itu sendiri. Khususnya virus adalah penyebab terbanyak kehilangan data, namun ada juga yang hanya di sembunyikan saja (hidden files)

cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk


Lengkapi bacaan Anda dengan melihat artikel : Fungsi Eject Sebelum Melepas Flashdisk

Perlu diketahui juga cara ini tidak terbatas pada flashdisk saja namun bisa juga di aplikasikan untuk mengembalikan data pada media penyimpanan lainnya seperti SD Card, Micro SD, Harddisk, dll.

Hidden File

Sebelum memvonis data Anda benar-benar hilang ada baiknya di cek dulu barangkali hanya tersembunyi saja, bagi yang belum tahu, caranya seperti ini :

1. Pertama, buka jendela control panel di komputer Anda, lalu pilih menu Appearance and Personalization, seperti contoh gambar dibawah.

cara kembalikan data yang hilang di flashdisk

2. Kedua, komputer akan menampilkan sebuah jendela komunikasi lagi seperti contoh gambar dibawah, dari situ Anda bisa pilih tab folder option, kemudian silahkan klik menu Show hidden files and folders.

bagi Anda yang terbiasa menggunakan komputer sehari-harinya, seharusnya cara memunculkan hidden files ini sudah cukup familiar ya...

menampilkan data file yang hidden
3. Ketiga, setelah klik show hidden files and folder tadi, sebuah jendela opsi atau menu selanjutnya akan muncul lagi, seperti contoh gambar dibawah.

Pada tab "View" Anda akan melihat sederet opsi yang tersedia, khusus pada pilihan Show hidden files seperti yang saya tandai dibawah, perhatikan jika belum tercontreng silahkan Anda klik untuk memilihnya, lalu klik OK.

contoh setting untuk hidden file

Setelah tiga langkah diatas Anda jalankan, selanjutnya Anda bisa cek kembali ke folder flashdisknya, jika memang ada data yang tersembunyi, seharusnya Anda sudah bisa melihat data-data tersebut ditampilkan.

Namun kalau tidak ada juga, Anda bisa ikuti cara kedua seperti berikut...

Command Prompt

Cara yang satu ini kita akan menggunakan aplikasi Command Prompt atau biasa disingkat CMD, namun sayangnya cara ini hanya berlaku pada flashdisk yang belum pernah di format saja.

Sebelumnya pastikan flashdisk Anda sudah di colok pada komputer, dan harap perhatikan "Drive" nya, biasanya tergantung dari komputer masing-masing.

mengembalikan data yang hilang di flashdisk
Contoh tampilan drive pada layar Windows explorer
Jika komputer Anda memiliki 2 drive misalnya C: dan D: maka ketika flashdisk di colok pada komputer akan menjadi drive E:

Berikut langkah-langkah nya..

  1. Pertama, buka aplikasi CMD pada komputer Anda.
  2. Kedua, ketikan huruf penamaan drive flashdisk yang ingin di eksekusi :) misalnya E: perhatikan contoh gambar dibawah ini sebagai panduannya. disini saya memasukan drive D:

    mengembalikan data yang hilang di flashdisk

  3. Ketiga, ketik atau Copy teks berikut (tanpa tanda kutip) "ATTRIB *.* -S -H -R /S /D" paste pada aplikasi CMD Anda, lalu tekan Enter.
Cukup simple cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk ini untuk bisa Anda aplikasikan, setelah menekan Enter tadi, coba periksa lagi isi flashdisk Anda, jika sudah selesai seharusnya semua data yang pernah terhapus sudah kembali ke tempatnya semula.


Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-