Minggu, Juli 02, 2017

Mempercepat Windows Menggunakan CCleaner

Di era komputerisasi saat ini, komputer menjadi kebutuhan tersendiri bagi kita untuk membantu beberapa aktifitas yang dilakukan, tetapi sadarkah Anda bahwa sebenarnya komputer terus menerus menyimpan beberapa data jejak aktifitasnya juga. Biasa kita sebut dengan file sementara (temporary data/file)

Penyimpanan ini paralel terjadi ketika Anda sedang beraktifitas menggunakan komputer, dalam artian ia bekerja di latar belakang. Contoh sederhana seperti ketika Anda berjalan di atas pasir pantai pasti meninggalkan jejak langkah kaki pada pasir yang sudah Anda lewati.

Jika Anda menginstal sebuah program, browsing internet atau bahkan hanya menggunakan sebuah program, file-file temporary ini sangat sering dibuat agar aplikasi dapat berfungsi normal.

Lokasi penyimpanan ini bisa Anda lihat di "C:\Windows\Temp" pada komputer Anda. Semua program komputer yang dijalankan dan memerlukan file temp pasti akan tersimpan jejaknya pada lokasi folder tersebut.

File temporary jika tidak digunakan lagi lama kelamaan akan semakin menumpuk, yang walaupun ukurannya relatif kecil tetapi yang namanya menumpuk lama-lama menjadi bukit, kinerja komputer pun "pasti" terganggu.

Begitu juga dengan browser internet, memiliki folder sementara untuk menyimpan data temp, karena sebagian besar aplikasi internet akan memiliki semacam file log atau cache sebagai jejaknya.

Selain memperluas kembali kapasitas harddisk Anda, menghapus file-file ini juga membantu menyembunyikan data privasi Anda, karena file lama bisa jadi berisi informasi pribadi Anda yang mungkin dapat membahayakan Anda jika data tersebut terlihat oleh orang lain.

Untuk Anda yang belum tau, disini saya membagikan informasi tentang suatu program sederhana yang bisa membantu Anda menyelesaikan PR komputerisasi terkait bersih-bersih :)

CCleaner sangat populer karena selain sangat mahir dalam menghapus file yang tidak terpakai dan sementara, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fungsi berguna lainnya. Fitur tambahan seperti registry cleaner, aplikasi uninstaller, manajer startup Windows, System Restore point cleaner dan wiper drive.



Cleaner memiliki beberapa pilihan yang bisa Anda pilih atau tidak, tergantung opsi pembersihan yang Anda inginkan.

Tab Windows menyimpan opsi untuk semua komponen di Windows yang bisa dihapus dan dibersihkan. Ini termasuk daftar yang baru-baru ini digunakan, file cache, file temporer (termasuk folder TEMP), file dan riwayat sementara Internet Explorer dan backup update Windows lama (hanya untuk XP).

Tab Applications memiliki entri yang sama namun untuk perangkat lunak non Windows seperti Chrome, Firefox, perangkat lunak antivirus, perangkat lunak multimedia dll.



Registry Cleaner


Meskipun banyak orang menyarankan agar tidak menjalankan registry cleaner sama sekali, CCleaner's Registry Cleaner adalah yang paling aman karena membersihkan lebih sedikit dari perangkat lunak lain, sehingga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menimbulkan masalah.

Download CCleaner

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon