Selasa, September 05, 2017

Tanda Sudah Jenuh Bekerja

Rasa jenuh dengan pekerjaan hampir setiap orang pernah merasakannya, apalagi kondisi di tempat kerja beberapa waktu terakhir sangat monoton dan tidak memberikan dampak yang cukup untuk mendongkrak semangat bekerja Anda seperti sebelumnya.

Apapun kondisi yang Anda hadapi dan rasakan di tempat kerja dan itu monoton, tentunya kondisi ini semakin memperburuk keadaan dan tanpa sadar diam-diam ternyata Anda sudah mulai masuk fase kejenuhan dalam bekerja.

kenali beberapa tanda anda sudah mulai jenuh untuk bekerja

Kenali beberapa tanda ketika rasa jenuh saat bekerja sudah menyerang Anda.


1. Tidak Semangat Bekerja

Banyak sekali faktor yang membuat tidak bersemangat untuk bekerja, salah satunya mungkin saat ini Anda tengah tertekan dengan kondisi dimana Anda tidak mendapatkan perhatian dan keadilan perlakuan dari atasan dan apapun itu yang dilakukan seakan-akan tidak bisa memperbaiki keadaan seperti semula.

Jika ini yang Anda rasakan tentang keberadaan pekerjaan Anda sehari-hari, pada akhirnya Anda akan mulai berpikir barangkali pekerjaan ini sudah tidak cocok lagi untuk Saya.

Satu kata yang paling cocok dan bertentangan dengan kondisi ini adalah Gairah,... Passion. Tanpa gairah bekerja tugas apapun itu yang Anda jalankan semuanya akan terasa sangat berat.


2. Sunday Night Blues

Istilah yang sering orang pakai yaitu "sunday night blues" kondisi kejenuhan bekerja yang satu ini cenderung menggambarkan rasa cemas, gelisah, malas, dan depresi yang dialami pada hari minggu atau akhir libur Anda dan mengganggu perasaan ketika memikirkan besok sudah harus kembali bekerja.

Fenomena ini sering terjadi pada pekerja kantoran, dan ini juga termasuk salah satu tanda bahwa sebenarnya Anda sudah mulai jenuh bekerja.


3. Membesar-besarkan Perasaan Sakit Untuk Dijadikan Alasan

Mungkin sebenarnya Anda tidak sedang sakit, namun karena perasaan Anda sudah bosan dengan pekerjaan, dan sudah memikirkan besok adalah hari yang paling Anda tidak sukai, maka Anda mulai membesar-besar kan perasaan sakit yang baru saja Anda alami misalnya batuk atau sedikit pilek yang kemudian menjadi Alasan untuk tidak bekerja besoknya.

Anda sudah mulai memikirkan bagaimana penyampaian saya kepada atasan tentang kondisi ini sehingga bisa diijinkan tidak masuk kerja.


4. Sering Bertanya-tanya Bagaimana Hidup Anda Sampai Saat Ini

Anda mungkin akan berpikir kenapa saya terus setia dengan pekerjaan ini?
Bagaimana ceritanya kok saya bisa terjebak disini?
Kenapa saya sulit untuk keluar dari suasana ini?
Seharusnya jalan hidup saya tidak begini, saya bisa lebih baik dari kondisi sekarang.

Jika Anda sudah mulai berpikir seperti beberapa contoh diatas dan mulai merasa seakan-akan Anda sedang di permainkan oleh keadaan, dapat dipastikan hal itu juga adalah tanda Anda sudah mulai jenuh bekerja.

Anda akan berusaha untuk melalukan sesuatu yang bisa membuat Anda bersemangat dan tidak ingin berlarut-larut dalam kondisi yang sama dan berusaha untuk tidak meratapi masa lalu yang terasa penuh penyesalan.


5. Merasa Pekerjaan yang Dilakukan Tidak Memberi Efek yang Berarti

Bagi saya, ini juga salah satu pertanda sudah jenuh bekerja, walaupun mungkin tidak semua orang setuju dengan pemikiran ini bahwa menghasilkan uang yang layak untuk diberikan kepada keluarga adalah hal utama walaupun melalui sebuah pekerjaan yang sangat tidak sesuai dengan keinginan.

Anda mulai memikirkan pendapatan yang seharusnya pada level Anda bisa mendapatkan lebih namun tetap saja terjebak dalam lingkungan kerja dimana tidak ada jalan lain dan Anda harus tetap menekuninya.


6. Membayangkan Masa Depan

Tidak ada salahnya berpikir untuk 5 atau 10 tahun kedepan, apakah kira-kira ada peluang yang baik untuk prestasi Anda di perusahaan ini? Jika jawabannya ya, maka tetaplah bekerja di tempat tersebut.

Jika jawabannya tidak, sebaiknya Anda mulai segera berpikir untuk meninggalkan tempat kerja atau posisi tersebut dan mencari tantangan baru.

Akhir Kata:

Jenuh dalam suatu pekerjaan semua orang tentu pernah merasakannya, apakah faktor dari luar atau dari dalam yang menyebabkan kita berada pada situasi tersebut. baik buruk dampak dari kondisi tersebut tergantung bagaimana cara kita menyikapinya,

Demikian singkat yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon