Senin, Januari 22, 2018

Cara Memperbaiki Remote TV

Saya tertarik untuk menulis postingan ini karena 2 orang teman saya beberapa waktu terakhir selalu membicarakan tentang remote TV nya yang rusak :) setelah ngobrol-ngobrol sedikit, berbekal pengetahuan elektronik seadanya dan mencari panduan melalui internet saya coba membantu mereka untuk memperbaikinya, mana tau berhasil, hitung-hitung percobaan karena mereka sudah berniat untuk beli remote TV yang baru atau yang universal katanya.

Setelah saya coba, hasilnya cukup memuaskan, ternyata memperbaiki remote TV tidak terlalu sulit, apalagi untuk barang eletronik yang berdimensi kecil atau seukuran itu.

Sekaligus berbagi informasi pada kita semua, disini saya coba tuliskan beberapa hal atau langkah perbaikannya waktu itu.

Pertama, saya lakukan pengetesan dulu untuk mengetahui apakah remote TV masih berfungsi atau tidak, caranya dengan memanfaatkan kamera ponsel milik saya, yaitu dengan mangaktifkan fitur kamera nya dan LED remote diarahkan ke kamera tersebut, saat tombol remote kita pencet seharusnya akan terlihat melalui layar ponsel kilatan lampu LED (menyala).

Langkah ini saya lakukan di semua tombol remote, mana tau ada salah satu tombol yang ketika di pencet lampunya tidak menyala.

Jika lampu LED menyala berarti menandakan remote masih dalam kondisi baik, jika setelah menekan salah satu tombol dan lampunya tidak menyala, untuk sementara dapat kita pastikan ada yang salah pada jalur di papan PCB nya atau komponen yang besentuhan langsung dengan jalur tersebut.

Kedua, Pastikan juga baterai yang digunakan masih baik atau memiliki daya listrik, sebenarnya kalau punya AVO meter atau multimeter akan lebih baik, yaitu alat untuk mengecek kondisi komponen listrik dan elektronik.

Jika tidak punya alat tersebut, jika Anda tidak yakin sebaiknya ganti baterai dengan yang baru terlebih dulu :)

Ketiga, saya bersihkan keypad atau tombol remote dengan cara dibilas menggunakan air bersih, di lap kering dan keringkan.

Keempat, pastikan juga logam berbetuk sprial pada rumahan baterai remote tidak berkarat, karena jika berkarat asumsi saya daya hantar listriknya tidak akan maksimal ditambah lagi dengan kondisi baterai yang mulai "soak" maka dapat dipastikan remote akan sulit befungsi dengan baik.

Pada kondisi perbaikan yang saya lakukan tempo hari sprial atau besi berbetuk PER ini tidak berkarat, planning saya adalah jika berkarat maka saya akan semprot menggunakan bahan anti karat, di lingkungan kami familiar dengan sebutan WD.


Kelima, cek jalur circuit pada papan PCB apakah ada yang putus atau terkelupas, bagi Anda yang belum tahu, sederhananya jalur ini sama fungsinya dengan kabel, yaitu menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya pada komponen eletronik, di kemas dan dicetak dalam bentuk papan PCB agar lebih rapi.

Jika ada jalur yang putus sebaiknya Anda sambung jalur tersebut dengan cara di solder, cara yang saya lakukan adalah dengan bantuan timah solder yang di lelehkan dan menjadi penyambung kedua ujung jalur yang putus tadi, tidak lupa di cek juga beberapa kaki komponen apakah solderannya ada yang terlepas.

Pada remote TV biasanya komponen bisa terlepas dari solder nya karena akibat benturan, mungkin remote pernah jatuh atau sengaja di banting, yang punya anak kecil dirumah pasti tahu kenapa remote di banting :) hehehe..

Keenam, setelah semua langkah diatas sudah dijalankan, saatnya dilakukan pengetesan,.. sampai disini seharusnya remote sudah bisa berfungsi kembali... Jika belum berfungsi juga coba Anda ulangi lagi pengecekan kondisi seperti diatas barangkali masih ada beberapa hal yang terlewatkan terutama memperhatikan jalur pada papan PCB.

Oke, itu saja postingan singkat berbagi informasi cara memperbaiki remote TV yang bisa saya sampaikan disini, mohon maaf jika cara ini kurang berkenan bagi Anda, postingan ini semata-mata hanya sebagai sharing pengalaman saja dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam.

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon