Minggu, April 08, 2018

Cara Mendapatkan Manfaat dari Pesaing Bisnis Anda

Tags

cara mendapatkan manfaat dari pesaing bisnis anda

Sebelum memulai suatu bisnis atau usaha, banyak hal yang menjadi pertanyaan dan perhatian, mulai dari modal, tempat menjalankan usaha yang strategis, pengaturan keuangan, referensi sistem usaha yang cocok dan lain sebagainya sampai kepada pesaing bisnis di jenis usaha yang sama dengan rencana Anda.

Nah,.. terkait persaingan bisnis, bacaan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara mendapatkan manfaat dari pesaing bisnis Anda yang bisa dijadikan referensi atau masukan yang sekiranya berguna untuk strategi pengembangan usaha Anda kedepannya.

Pesaing atau kompetitor bisa dibilang adalah suatu "usaha dari luar" bisnis Anda yang dapat menghalangi orang-orang atau target pengunjung untuk datang kepada Anda, begitu besar dan berpengaruhnya kehadiran pesaing ini sehingga cenderung membuat kita untuk berpikir seakan-akan mereka adalah musuh yang mengancam kelangsungan bisnis kita.

Jika kita dapat mencermati dengan baik, sebenarnya persaingan itu tidak semuanya buruk, bahkan penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki pesaing, karena melalui kompetisi itulah inovasi dan perbaikan dapat terjadi. Namun, inovasi dan perbaikan hanya bisa terjadi jika Anda tahu bagaimana merespons persaingan tadi dengan baik.

Mengetahui sepak terjang dan lebih mengenal tentang pesaing Anda serta berusaha membedakan bisnis Anda dari mereka, ada manfaat yang bisa Anda dapatkan dari persaingan tersebut.

Manfaat Mengetahui Target Pasar dari Pesaing Anda


Sebelum mengetahui target dari pesaing Anda, tentunya penting juga untuk mengenal dengan baik target pasar Anda sendiri supaya dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan calon pelanggan, sehingga dapat menyesuaikan produk dan layanan Anda dengan tepat dan sesuai kebutuhan pasar.

Dari situ kemudian Anda coba untuk mengetahui siapa-siapa yang menjadi target pasar dari pesaing Anda serta manfaat apa yang bisa didapatkan.

Tetap bertahan dan kokoh menghadapi pesaing Anda mengharuskan Anda untuk senantiasa berupaya sekuat mungkin pada usaha Anda untuk lebih mengenal pesaing ini tadi, tidak hanya mengetahui apa yang mereka rencanakan sekarang, tapi mengetahui apa yang akan mereka hadapi selanjutnya.

Bila Anda mengetahui target pemirsa pesaing Anda dengan baik, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang siapa mereka, bagaimana caranya, dan apa langkah mereka selanjutnya.

Manfaatkan pesaing Anda dengan menggunakan pengetahuan tentang langkah mereka untuk tetap selangkah di depan. Misalnya, jika usaha yang Anda jalankan adalah sebuah toko baju dikawasan kecil di area Anda, dimana Anda juga mengetahui bahwa adanya sistem belanja online yang saat ini sedang dijalankan oleh suatu perusahaan kain batik ternama, mungkin saatnya Anda juga harus mempertimbangkan untuk melakukan "tikungan" dari beberapa pengusaha kecil lainnya yang sekelas Anda melalui pemesanan dan layanan secara online.

Kurangi Kesalahan Beriklan


Setiap target pengunjung dan beberapa kombinasi periklanan bisnis akan memberikan hasil yang berbeda, dan sebagian besar pengusaha menjalankan bisnisnya dengan bereksperimen dari apa yang pernah berhasil.



Jika Anda memiliki target pemirsa yang sama, Anda dapat belajar dari pesaing Anda dengan melihat strategi mana yang berhasil dan mana yang tidak. Misalnya, jika mereka berhasil beriklan melalui media sosial, ikuti dan ambil isyarat dari postingan mereka yang paling menarik.

Jika mereka menjalankan iklan melalui Facebook atau Instagram untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, coba lihat apakah ini juga akan berhasil untuk bisnis Anda.

Jika Anda memiliki banyak target audiens yang berbeda, Anda bisa mempelajari dan tarik beberapa gagasan atau ide untuk diadopsi dan diterapkan pada audiens Anda. Dari situ juga Anda mungkin bisa memprediksikan bahwa bisa saja strategi tertentu bekerja untuk target pemirsa kompetitor Anda saja, dan tidak akan berhasil untuk target Anda.

Baca Juga : Ide Unik Mempromosikan Bisnis Kecil Melalui Media Sosial

Tentukan Niche Anda


Sekilas, tampak seolah-olah Anda dan pesaing memiliki target pemirsa yang sama. Namun, cobalah Anda perhatikan lebih dekat lagi. Dapatkah pengguna produk atau layanan Anda dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil, seperti pemula, menengah, atau lanjutan? Kunjungan pertama atau kedua? Sesekali atau sering? kemudian, adakah dari kebutuhan kelompok tersebut yang tidak dapat dilayani oleh pesaing Anda kepada pasar yang Anda targetkan? Misalnya, apakah toko baju Anda memiliki banyak pengunjung lelaki pekerja kantoran dan anak remaja? Pertimbangkan untuk menawarkan harga dan produk terbaru setiap musim atau periode tertentu agar dapat menarik lebih banyak tipe pelanggan seperti ini.

Menemukan segmen, kebutuhan, atau peluang pada target pengunjung yang diabaikan oleh pesaing Anda dapat menguntungkan dan membantu Anda menentukan niche pasar.

Untuk diketahui:

Artikel tentang pengertian Niche / Topik pernah saya muat di blog ini namun penekanannya lebih kepada pembaca yang ingin mendalami dunia Blogging, Anda yang ingin sedikit mengetahui tentang maksud dari niche silahkan Baca Disini..


kita kembali..., selanjutnya adalah :

Manfaat Mengetahui Pelanggan Pesaing Anda


Target pemirsa Anda mencakup jenis orang yang produk dan layanan Anda bisa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pelanggan Anda adalah orang-orang yang menyadari bahwa Anda cocok untuk mereka dan benar-benar melakukan transaksi dengan Anda.

Dari sini lah pedoman bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mengetahui pelanggan pesaing Anda.

Pelajari Tentang Pelanggan Anda


Jika pesaing Anda memiliki audiens target yang sama dengan Anda, mengetahui tentang pelanggan mereka dari kebiasaan, referensi, masalah, dan gaya hidup mereka dapat membantu Anda belajar tentang target dan pelanggan Anda sendiri.

Misalnya, katakanlah Anda dan pesaing Anda menargetkan pasar kepada lelaki muda... Seandainya Anda tidak memperhatikan bahwa mayoritas pelanggan lelaki muda yang sering berkunjung ke pesaing Anda adalah orang yang sudah menikah, kemungkinan besar Anda mungkin tidak akan pernah menyadari status dari pelanggan Anda apakah masih lajang atau sudah menikah, misalnya sebagian besar pelanggan Anda masih lajang.

Dari hal ini Anda kemudian bisa memanfaatkan bentuk strategi pemasaran yang sedikit dibuat berbeda seperti produk pakaian yang seharusnya lebih cocok digunakan pada lelaki yang masih lajang.

Tentunya dari hasil pengamatan dan praktek yang Anda terapkan dikemudian hari ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan keuntungan dari pesaing Anda.

Pelajari Cara Mendapatkan Pelanggan Masa Depan


Jika memungkinkan, bicarakan dengan pelanggan pesaing Anda dan cari tahu lebih banyak lagi tentang mereka, khususnya terkait dengan pesaing Anda. Cari tahu mengapa mereka memilih produk dari pesaing Anda, bagaimana mereka menemukannya, atau mengapa mereka terus berbisnis dengan kompetitor Anda ini.

Anda bisa mendapatkan manfaat dengan mencari tahu apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kehilangan pelanggan masa depan dari persaingan ini.

Perbaiki Loyalitas Pelanggan


Penting juga untuk mengetahui berapa lama pelanggan dari pesaing Anda sudah berlangganan. Jika sudah lama atau dengan kata lain pelanggan setia, Anda seharusnya bisa belajar beberapa hal tentang gagasan dan strategi loyalitas pelanggan.

Memahami tingkat loyalitas pelanggan dari pesaing bisnis dapat memberikan pencerahan manfaat agar dapat memungkinkan Anda untuk menetapkan harapan yang realistis bagi kelangsungan bisnis Anda.

Manfaat Mengetahui Produk dan Layanan Pesaing Anda


Kembangkan Posisi Anda Sendiri


Mengetahui jenis pelayanan yang ditawarkan oleh pesaing Anda dapat membantu Anda memahami dimana posisi Anda saat ini.

Apakah produk atau layanan yang mereka tawarkan memenuhi kebutuhan tertentu?
Lalu, dapatkah Anda memenuhi kebutuhan itu dengan produk atau cara pelayanan yang berbeda?
Jika mereka menyediakan produk yang sama, bisakah Anda membedakan produk Anda dengan mengedepankan sisi fitur tertentu?

Misalnya, jika pesaing Anda menawarkan layanan yang lebih rinci, mungkin Anda bisa fokus menawarkan layanan yang lebih cepat.

Jika mereka menjual dalam jumlah besar untuk suatu produk tertentu, mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menyoroti kualitas dari produk Anda.

Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan Anda


Anda pasti ingin tahu kenapa pelanggan lebih memilih untuk berlangganan kepada pesaing Anda bukan?

Sebaiknya Anda ketahui faktornya, apakah itu karena produk atau cara pelayanan yang memenangkannya.

Jika Anda melihat bahwa pesaing Anda mulai menawarkan sesuatu sama seperti yang Anda berikan, mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk menawarkan strategi baru yang lebih maju lagi.

Satu sisi, ini merupakan indikator bahwa apa yang Anda tawarkan selama ini ternyata sangat diminati sehingga kompetitor Anda diam-diam mengadopsi sistem Anda.

Akhir kata :

Mengetahui dan melihat cara mendapatkan manfaat dari pesaing bisnis Anda selain memberikan keuntungan tersendiri, seharusnya juga dapat menjadi tolak ukur dalam usaha meningkatkan kesuksesan usaha Anda.

Baca juga : Peluang Usaha Jasa Kecil Berkelompok


Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-


EmoticonEmoticon