Jumat, Mei 19, 2017

Apa itu SEO

Tags

Seumpama Anda adalah pemilik sebuah toko yang berada berdekatan dengan toko lain di suatu kompleks pertokoan atau stand pameran yang berada dalam satu area pameran bersama stand-stand pameran lain dan menjual produk yang kurang lebih sama

Tentu kita pasti akan berpikir bagaimana caranya supaya toko atau pameran milik kita tidak diabaikan oleh pengunjung, setidaknya ada 1 atau 2 orang yang datang berkunjung ke tempat kita, mengapa demikian? karena ada persaingan yang terjadi disitu. Upaya dan usaha yang kita lakukan untuk menarik pengunjung inilah kurang lebih sama pengertiannya dengan SEO alias Search Engine Optimizations.

Pada artikel pengalaman dan tujuan menulis Blog yang sudah kita bahas sebelumnya dikatakan semakin baik suatu tulisan, semakin bervariasi dan menarik, tentunya minat orang untuk membacanya pun akan semakin meningkat, kemungkinan persentase Bounce Rate blog kita menjadi kecil pun makin besar.

apa itu seo

Untuk mendapatkan tempat di halaman pertama pada hasil pencarian Search Engine, teknik SEO sangat di perlukan termasuk didalamnya bagaimana kita menentukan Keywords dan meletakkannya pada Meta Tag yang benar.

Kemungkinan Blog kita akan dibuka oleh pembaca akan semakin besar, karena rata-rata lebih dari 50% pengguna Search Engine cenderung akan melihat atau membaca website yang didapat dari hasil penelusuran Search Engine yang terletak pada halaman pertama.

Bagi publisher online, memahami dasar SEO adalah suatu hal yang mutlak untuk menunjang kesuksesan publikasi artikel yang dimuatnya ke media informasi yaitu internet.

Baca Juga : Pemahaman Dasar SEO

Keywords

Keywords adalah kata kunci, kunci yang menjadi salah satu penentu tampil tidaknya dan atau ramai tidaknya trafik yang mengarah ke Website atau Blog berkat dari hasil penelusuran Search Engine.

Keyword adalah suatu kata atau kalimat yang kita selipkan diantara tulisan yang kita muat kedalam Blog,.. Contohnya :

"Produk handphone merk Nokia lama yaitu Nokia 3310 kembali di produksi."
Keyword yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah Nokia 3310.

Saya ambil contoh ketika saya mengetikan kata hp nokia 3310 pada Search Engine Google, bisa dilihat hasilnya seperti gambar dibawah.

belajar seo blog 2017

Menentukan keywords yang tepat bisa dibilang susah-susah gampang, layaknya sebuah kompetisi Anda harus memilih sebuah kata kunci atau kalimat yang paling tepat untuk dijadikan keywords karena taruhannya adalah trafik pengunjung dan page rank Blog Anda.

Trik sederhana yang bisa dilakukan dalam optimasi SEO ini adalah dengan meneliti beberapa keywords dari kompetitor, bandingkan, gabungkan dan variasikan beberapa keywords yang dipakai.

Google juga sudah menyediakan tool yang dapat Anda jadikan alternative pencarian keyword yaitu Google Keyword Planner Tool dengan menggunakan tool ini bisa mendapatkan beberapa keyword yang disarankan dan bisa mengetahui kemungkinan trafik serta seberapa kompetitifnya keyword tersebut.

Relevansi Keyword dan Konten

Algoritma pencarian Google juga tidak selalu tertuju tepat pada suatu keyword, hasil pencarian juga bisa menampilkan kata yang mendekati atau memiliki kalimat pendukung.

dari contoh keyword Nokia 3310 tadi, jika kita melihat source code dari situs yang saya tampilkan diatas, kira-kira seperti ini.

belajar seo blog 2017

Perhatikan berapa banyak kata Nokia yang diulang, walaupun kata kunci (keyword) yang kita ketikan di Search Engine adalah hp nokia 3310.
sampai disini kira-kira sudah di mengerti ya?

Lihat Panduan Meta Tag untuk pemahaman lebih lanjut.

Long Tail Keywords

Ketika memposting sebuah artikel ke dalam Blog, tentunya sudah dipikirkan keywords apa yang akan Anda gunakan yang berhubungan dengan topik yang dibahas, misalnya membahas tentang hp nokia 3310 maka gunakan keywords yang menuliskan kata yang sama.

Dasarnya adalah itu dulu, jadi dalam mempelajari trik SEO ini salah satunya pahamilah cara kerja keywords.

Saran saya gunakanlah juga trik Long Tail Keywords, kata lainnya Long Tail Keywords ini jika diartikan harfiah adalah sebuah keyword yang panjang atau disertai kalimat pendukung.

Perhatikan contoh diatas :
Nokia 3310, turunannya menjadi "Harga Nokia 3310 (2017)", dan turunan selanjutnya ditulis "Kebangkitan Nokia disambut begitu meriah oleh para ... .. dan seterusnya" padahal keyword yang saya ketikan adalah "hp nokia 3310"

Judul Blog dan URL

Ketika sudah menentukan Long Tail Keywords, sebaiknya kata atau kalimat tersebut juga dijadikan sebagai judul artikel Anda, karena akan mempengaruhi hasil pencarian Search Engine.

kembali lagi ke contoh diatas, karena yang dibahas adalah tentang Nokia 3310 dan harga nya, sehingga mereka memberikan judul artikel nya adalah "Harga Nokia 3310" yang ketika dilihat hasil URL nya seperti berikut.

belajar seo blog 2017

Semakin banyak keyword atau kata kunci yang relevan di ketikan oleh pembaca pada pencarian menggunakan Search Engine, semakin besar kemungkinan artikel Anda akan di temukan.

Namun harap diingat juga bahwa penulisan keyword atau description pada Meta Tag secara  berulang-ulang lebih dari 3 kali biasanya akan di anggap spam oleh Search Engine, tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, semoga artikel tentang apa itu SEO ini bisa menjadi referensi Anda.

Salam,

Artikel Terkait

Beginilah adanya WIGIJO, sedikit tulisan dan informasi yang dituangkan dalam sebuah blog dan memiliki cita-cita agar dapat berguna bagi banyak orang.

-Sharing is Fun-

2 komentar

Halo. Tanpa sengaja saya terdampar ke blog ini, setlah saya lihat-lihat ternyata postingannya cukup bavus dan banyak postingan yang banyak masnfaatnya untuk saya.
Numpang izin membookmark dan sharing beberapa artikel kke sosmed saya ya sekalian biar blog ini
semakin banyak pengunjungnya. Semoga ditambahkan postingan baru terus ya blognya.Terima Kasih, Salam

Silahkan... Senang rasanya jika postingan ini bisa memberikan manfaat tersendiri bagi Anda.


EmoticonEmoticon